Mempunyai akun facebook bagi sebagian besar masyarakat di Indonesia digunakan hanya untuk update status, narsis. Tidak banyak diantaranya yang memanfaatkan facebook untuk menjual suatu produk ataupun jasa. Fenomena akhir-akhir ini, sangat banyak ditemukan akun facebook yang dengan sengaja dimanfaatkan untuk menjual produk atau jasa. Yang lebih menjengkelkan adalah mereka dengan seenaknya tag orang lain tanpa ijin dari yang bersangkutan. Sudah menjadi lazim bahwa orang-orang yang berjualan di facebook selalu tag teman-teman fb nya untuk numpang jualan. Tujuannya apalagi kalau bukan untuk memperkenalkan produknya ke lebih banyak orang, tidak hanya muncul sebatas temannya saja, namun juga akan muncul di timeline orang yang di tag. Namun, cara ini sangat tidak dianjurkan, karena belum tentu orang-orang yang di tag berkenan.
Ternyata hanya bermodalkan akun Facebook pun, Anda bisa belajar facebook marketing gratis.Dahulu sebelum facebook seketat sekarang, orang-orang sangat mudah membuat akun sesuai dengan kata kunci yang ditargetkan. Namun, sekarang untuk membuat akun FB sesuai dengan kata kunci yang ditargetkan agak sulit. Meskipun sulit, bukan berarti Anda tidak bisa lagi memanfaatkan akun Anda untuk berjualan secara optimal. Akun facebook memang mempunyai keterbatasan dalam hal jumlah pertemanan atau friend, yaitu sekitar 5000 orang. Dahulu ketika sudah mencapai jumlah angka itu, Anda sudah tidak dapat lagi menerima atau mengirimkan permintaan pertemanan atau friend request. Akan tetapi, sejak 2 tahun belakangan, fb membuat fitur tambahan yang bernama follower. Walaupun tidak menjadi teman dalam facebook, seseorang tetap dapat mengikuti update status Anda. Tentunya ini merupakan satu hal yang sangat menggembirakan, apalagi kalau follower Anda adalah target marketing Anda. Sayangnya Anda tidak bisa mengatur follower sesuai dengan target, karena follower datangnya alami karena ingin mengikuti update status Anda. Jumlah follower dalam 1 akun facebook tidak terbatas.
Langkah apa sajakah yang diperlukan dalam belajar facebook marketing gratis?
  1. Usahakan nama akun Facebook anda mendekati atau menggiring asumsi orang lain mengenai produk atau jasa yang anda tawarkan.
  2. Gunakan gambar pada cover photo dan profile picture akun Facebook anda yang mewakili produk atau jasa yang anda tawarkan.
  3. Editlah sedemikian rupa mengenai tentang Anda dan penjelasan tentang anda, pekerjaan anda sesuai dengan jasa atau produk yang sedang anda tawarkan
  4. Buatlah status yang selalu bersesuaian dengan produk atau jasa yang sedang anda tawarkan.
  5. Manfaatkan grup untuk melakukan promosi produk atau jasa yang sedang anda tawarkan.
  6. Saat melakukan update status sertakan gambar produk atau jasa yang menarik, sehingga dapat menarik semakin banyak calon pelanggan.
  7. Untuk menjelaskan produk atau jasa yang sangat mendetil, manfaatkan note atau catatan yang ada di akun facebook anda.

Belajar facebook marketing gratis dengan memanfaatkan Fanpage yang sesuai

Anda tentunya sudah mengenal apa itu fanpage bukan?
Ya, fanpage adalah suatu kumpulan yang terdiri dari ribuan atau bahkan mungkin jutaan orang yang menyukai suatu halaman. Suatu halaman bisa jadi adalah nama brand sebuah produk atau nama artis atau nama band dan sebagainya. Lakukan riset sederhana untuk menentukan fanpage mana yang akan Anda manfaatkan nantinya. Setelah menemukan fanpage tersebut, lihatlah interaksi yang terjadi pada fanpage tersebut. Fanpage dengan jumlah fans like besar belum tentu interaksinya bagus. Setelah syarat terpenuhi, langkah selanjutnya adalah memperhatikan siapa saja akun Facebook yang melakukan interaksi. Lakukan add friend hanya terhadap akun Facebook yang interaksinya menunjukkan minat kalau dia serius ingin membeli sesuatu yang ditawarkan dari fanpage tersebut. Dan yang perlu diperhatikan dalam add friend adalah tidak boleh terlalu agresif maksimal tiap hari add friend sebanyak 10-20 akun saja agar tidak di blokir oleh pihak facebook.

Ok sampai di sini dulu semoga apa yang saya sampaikan dapat bermanfaat ...

sumber: Pembicara Seminar Bisnis Internet Marketing

Post a Comment

Powered by Blogger.