Abad ini adalah abad social media. Semua orang menggunakan social media - apapun layanannya. Dan masih banyak startup yang berusaha menciptakan social media baru untuk menjaring pengguna baru dan menjadi milliarder baru. Sebagaimana pemeo business follows people, maka kita menyaksikan bagaimana perusahaan-perusahaan pun - baik besar maupun kecil- mulai memanfaatkan social media untuk beragam hal : pemasaran, public relation dan lain-lain


Masalahnya banyak social media yang terkenal dan diikuti oleh konsumen dan calon konsumen. Facebook, Twitter, Google+, Diaspora dan sebagainya merupakan social media terkemuka yang memiliki banyak pengguna. Tentu saja ini mendorong perusahaan untuk memiliki akun di social media tersebut sehingga mereka bisa terkoneksi dengan pelanggan dan calon pelanggan. Saking banyaknya akun media sosial, perusahaan biasanya menugaskan beberapa orang untuk mengawasi akun social media tertentu - seringkali satu orang bahkan lebih mengawasi satu akun tertentu menggunakan beberapa komputer berbeda. Ini pemborosan! dan buruk untuk bisnis. Lantas bagaimana solusinya? Anda bisa menggunakan social media monitoring tool. Dengan menggunakan social media monitoring tool, perusahaan bisa mengelola semua akun social media mereka dalam satu halaman dashboard tanpa perlu membuka app dan website yang berbeda, sehingga perusahaan bisa menugaskan lebih sedikit orang untuk memonitor beragam sosial media mereka sekaligus dengan hanya satu komputer.

Salah satu social media monitoring and management  tool terbaik adalah Hootsuite. . Anda bisa mengelola semua akun social media Anda dan berkolaborasi dalam sebuah tim sekaligus. Yang Anda butuhkan adalah mendaftar untuk memiliki akun hootsuite (gratis) lau mengkoneksikannya dengan akun social media Anda. Setelah menyesuaikan setting sesuai keinginan Anda, selesai! Anda mulai bisa mengelola semua akun social media dengan efektif dan efisien.

HootSuite Media, Inc. didirikan pada 2008 oleh Ryan Holmes, yang juga menjabat sebagai CEO Kantor pusatnya berada di Vancouver, BC, Canada.  Hootsuite memiliki 6 juta pengguna yang mengirimkan 3 milliar pesan sehari.

Hootsuite memiliki beberapa kelebihan yang akan disukai banyak perusahaan dan bisnis Berikut beberapa highlight fitur-fitur penting Hootsuite.

1. Mengelola semua akun media sosial Anda dalam satu tempat 
Anda bisa melakukan hal ini dari dashboard Hootsuite, tanpa perlu mengunjungi setiap situs social media secara terpisah atau menggunakan mobile app yang berbeda. Banyak hal yang bisa Anda lakukan dengan Hootsuite : retweeting, 'liking', sharing dan merespon atas private message dan melakukan hal-hal yang biasanya Anda lakukan dengan akun Anda.
Tipe aktivitas yang bisa Anda lakukan bervariasi tergantung kepada platform social medianya. Anda mungkin tak bisa melakukan 100% hal yang biasanya Anda lakukan di Facebook Page Anda, tetapi setelah Startup Central coba ternyata Anda paling tidak bisa melakukan 90% hal-hal yang biasa Anda lakukan dengan akun sosial media Anda dengan Hootsuite.
Anda bisa mengelola akun Facebook, Twitter, Foursquare, Linkedin, google Plus, MySpace, Wordpress dan Mixi - profilindividual dan business pages. Kami yakin seiring bertambahnya social media Hootsuite pun akan menambah layanannya.

2. Menjadwalkan status update
Built-in Calendar-nya adalah suatu fitur yang luar biasa. Gunakan fitur ini untuk menjadwalkan postingan tertentu pada waktu tertentu. Artinya Anda bisa melakukan postingan berkala - katakanlah sekali sehari atau seminggu- dan menjaga akun Anda aktif sambil tetap berkonsentrasi melakukan pekerjaan lainnya. 
Ada juga fitur auto-schedule yang akan secara otomatis menjadwalkan tweet dan status update akun untuk muncul pada waktu yang telah ditentukan.
Sedang menjalankan kampanye marketing dan memiliki banyak update berbeda untuk periode tertentu - katakanlah dua minggu? Anda bisa mengupload spreadsheet CSV untuk semua pesan tersebut. Jika Anda lebih menyukai metode "set it and forget it" maka Anda bisa menambahkan RSS feeds untuk mengupdate postingan akun social media Anda secara otomatis setiap kali ada artikel baru di blog perusahaan Anda, sebagai contoh. Anda bisa mengaturnya untuk mem-post satu update sekali (recommended) atau lebih. Anda bisa mengarahkan Hootsuite untuk memeriksa setiap jam atau satu kali sehari.


3. Berkomunikasi dan berkolaborasi dalam sebuah tim

Anda bisa menugaskan pekerjaan, seperti merespon sebuah tweet atau private message kepada seorang anggota tim, seperti terlihat pada gambar di atas. Tidak perlu email atau  instuksi instant message berbeda. Semua bisa dilakukan lewat dashboard hootsuite 
Dan karena pengguna berbeda bisa menggunakan Hootsuite, setiap orang bisa "melihat" aktivitas apa yang telah dilakukan dan yang belum. 

4. Mendapatkan laporan dan hasil analisa
Anda bisa mendapatkan laporan dan hail analisa dan mengetahui "kinerja" akun social media Anda. Dan tentunya Anda menginginkan gambaran besar sekaligus detailnya. 
Banyak platform sosial media menawarkan analisa, tetapi akan sangat butuh waktu untuk mendapatkan hasil analisa dari tiap akun sosial media Anda. Hootsuite memiliki built-in analytics and reports yang memberikan kemampuan untuk melacak perkembangan semua akun social media Anda dan mengetahui "kinerjanya" dalam satu tempat. 
Yang terbaik dari semuanya, Anda bisa mendapatkan laporan mingguan dikirim via email.

5. Integrasi/Inteoptabilitas dengan aplikasi marketing lainnya 
Anda tak dibatasi untuk mengatur hanya 8 akun social media. Anda bisa menambahnya dengan "apps" dari Hootsuite Apps Directory. Sebagai contoh Anda bisa menambahkan situs semacam Instagram, Tumblr, Flickr, Scoop it, YouTube dan beberapa lainnya seperti contoh di bawah.

Ada juga app yang menawarkam integrasi dengan program CRM populer di dunia bisnis seperti ConstantContact, Nimble, HubSpot, Salesforce, ZenDesk dan masih banyak lagi.  
Kebanyakan app gratis. Yang lain seperti app untuk  Salesforce, membutuhkan biaya bulanan. Meskipun begitu biasanya app berbayarnya tidak berharga mahal, rata-rata berharga $5 per bulan per premium app.
Satu lagi Hootsuite terbuka untuk menyediakan app dari developerluar. Hal ini akan makin membuat hootsuite menjadi semakin bermanfaat bagi bisnis.
Karena hootsuite adalah web-based app, Anda bisa menggunakan browser apapun untuk mengakses Hootsuite. Ada extensions ("hootlets" atau "hootbars") untuk Chrome dan Firefox.
Ada juga mobile app untuk iPhone, Android dan iPad.


Sedikit tambahan tentang Hootsuite

Kebanyakan fitur hootsuite adalah gratis, namun perusahaan bisa menambahkan kemampuannya dengan mengupgrade ke level yang lebih tinggi. Perhatikanlah kebutuhan dan keuangan Anda sebelum memilih upgrade level yang sesuai.
Untuk usaha kecil menengah level free tampaknya sudah cukup memenuhi kebutuhan Anda. Maksimalkanlah semua fiturnya. Bagi perusahaan besar sebaiknya Anda mengupgrade ke level Pro atau Entreprise.

kutipan dari : http://it4ukm.blogspot.co.id/2013/06/efektifkan-bisnis-anda-kelola-semua.html 

Ada satu tools yang mendunia buatan dalam negeri, sangat aplikatif untuk anda yang mengelola banyak social media. Ane pun gunakan software dengan basic web based. Dapat online dimanapun tanpa harus dari laptop anda. Apa itu namanya, Sociocaster namanya. Selengkapnya silahkan langsung klik DISINI..!!!

Semoga artikel yang ane kutip bermanfaat.

Post a Comment

Powered by Blogger.